Pustakawan UNS Terbaik Se-Jateng

Semarang, CyberNews Sebanyak 19 pustakawan se-Jawa Tengah mengikuti Lomba Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Propinsi Jateng 2007, di Kantor Perpustakaan Daerah Jateng, Selasa (17/7).
Para pustakawan ini tidak hanya berasal dari universitas negeri ataupun swasta, tetapi juga dari kabupaten/ kota, dan sekolah menengah.

Tim juri sendiri terdiri dari lima orang yang diketuai oleh Dekan FBS Unnes Prof Dr Rustono MHum. Beberapa kriteria penilaian diantaranya pengetahuan umum, materi perpustakaan dan kepustakawanan, serta bahasa Inggris. Seluruh peserta harus melewati tes tertulis ini sebelum ditentukan 10 besar peringkat yang masuk nominasi.

Selanjutnya, 10 finalis ini akan mengikuti tes wawancara. Hasilnya, Muhammad Sholihin, S.Ag.,SIP dari UPT Perpustakaan UNS meraih posisi puncak dalam ajang ini. Sementara posisi kedua dan ketiga diraih oleh Lilik S AMd dari BP2KDE Kabupaten Magelang, dan Ratih Sapta SSos dari UPT Perpustakaan Unika Soegijapranata.

Salah satu juri, Drs Aan Permana mengungkapkan, lomba ini dilaksanakan untuk memberikan motivasi sehingga bisa meningkatkan prestasi. ”Dengan berprestasi, harapannya akan lebih baik dalam pengabdian,” jelas dia.

Sementara itu, seorang peserta dari Perpustakaan Umum Kabupaten Blora, Mahbub Djunaidi (41) mengatakan, persiapan yang dilakukan lebih pada persiapan mental, karena yang diteskan merupakan tugas kepustakawanan yang ditemui sehari-hari.

”Selain mental ya persiapan bahasa Inggris, karena jika tidak menguasai agak sulit,” kata Mahbub yang sudah kali kedua mengikuti ajang lomba pustakawan tersebut.( Modesta Fiska/Cn08 )

Ini Kisah dua tahun yang lalu sebagai mana dimuat di Harian Suara Maerdeka