Seorang Bapak, mencari seorang anak

perjalanan yang sangat menyujukkan jiwa. Jarak Solo Yogya keliatan begitu dekat malam itu. Kala itu aku pulang dari Menenggok Simbah / Bapakku di kota Geplak yang baru aja diberi nikmat sakit oleh Allah. namun kondisi sudah semakain membaik.

aku berangkat dari bantul jam 20.45. dinginnya malam disertai hujan rinti-rintik se dari janti ampe kalten kota menambah dingin ampe merasuk tulang.  Sesampai di lampu lalulintas selatan RSI Klaten aku dikagetkan seorang tua renta yang jalannya membungkuk 90″, ya usianya sekitar 87 th kata beliau.  aku ikuti seorang bapak  ini dari belakang sembari lampu aku matikan. dalam benakku bertanya mau kemana bapak ini. yang waktu menunjuk jam 22.05. bapak itu terus menyusuri bahu jalan. sekitar 30 m dari RSI bapak ini tiba2 merebahkan diri di tepi jalan.  Ya Allah apa yang terjadi….. kata hatiku. Bapak itu kecapekan, aku pinggirkan ke emperan toko. aku beri minum yang aku bawa. aku tanyai asal bapak dan mau kemana tujuannya. sambil ditemeni Bapak Jiman pengayuh Becak dikota itu, aku temeni bapak ini sampae capeknya hilang sembari minum wedang HIK ( angkringan ) yang nyari pak Jimin.

Bpk itu bercerita istrinya sudah meninggal dikala melahirkan anak yang ketiga Putri ( Ragil ) sekitar 29 tahun yang lalu. anak yang pertama di bandung, yang ke 2 di jakarta sedangkan anak yang ke 3 di Kota Klaten tepatnya di Delanggu.

Bapak ini bermaksud mencari Si Ragil di Delanggu. Namun tidak tahu alamatnya, belaiu tahunya hanya Delanggu. bapak itu khawatir anaknya terjadi apa apa karena udah 2 bulan tiada kabar ataupun menenggok bapaknya yang tinggal sebatangkara di daerah Bayat Klaten.

Setelah kita berpikir sejenak bapak ini aku bawa naek motor ke daerah Tujuan, Delannggu. aku bantu turun dari motor sambil bapak ini menangis memikirkan nasibnya. aku temuai takmir masjid yang waktu itu masih disekitar masjid, yang waktu itu udah menunjuk jam 22.55. aku sampaikan cerita maksud bapak ini ke bapak Takmir. yang esok hari bersedia membantu beliau. malam ini bapak itu tidur di Rumah Allah disekitar Delanggu.

Ya Allah engkau Maha Melihat, Maha Penyayang. Bantu Beliau tuk menemui putrinya yang sudah 2 bulan tak pernah dijumpainya.

aku ingat bapak di bantul yang sedari sembuh dari sakitnya lalu aku panjatkan doa tuk beliau ber2.

Bismillahhirrohmanirrohiim

Ya Allah, rendahkanlah suaraku bagi mereka,
Perindahlah ucapanku di depan mereka.
Lunakkanlah watakku terhadap mereka dan
Lembutkanlah hatiku untuk mereka.

Ya Allah, berilah mereka balasan yang sebaik-baiknya
atas didikan mereka padaku dan Pahala yang besar
atas kesayangan yang Mereka limpahkan padaku,
Peliharalah mereka Sebagaimana mereka memeliharaku.

Ya Allah, apa saja gangguan yang telah mereka rasakan,
atau kesusahan yang mereka derita karena aku,
atau hilangnya sesuatu hak mereka karena perbuatanku,
jadikanlah itu semua penyebab rontoknya dosa-dosa mereka,
meningginya kedudukan mereka dan bertambahnya pahala kebaikan mereka
dengan perkenan-Mu, ya Allah
sebab hanya Engkaulah yang berhak membalas kejahatan dengan kebaikan berlipat ganda.